Tips Traveling di Kepulauan Selayar


Kepulauan Selayar menyuguhkan beragam destinasi yang perlu di kunjungi seperti wisata budaya, sejarah dan bahari. Khusus untuk anda yang gemar bermain air, ada sejumlah catatan agar perjalanan wisata ke Selayar dapat dinikmati. Mengapa? Karena secara geografi, Kepulauan Selayar terpisah dari daratan Sulawesi sehingga di musim tertentu, akses ke Kepulauan Selayar terkendala oleh faktor alam.

1. Datanglah Diwaktu Yang Tepat
Berwisata ke Selayar haruslah memperhatikan aspek waktu berkunjung. Tertutama bagi Anda yang akan mengunjungi destinasi wisata bahari. Lebih khusus lagi kunjungan ke Taman Nasional Taka Bonerate. Waktu terbaik berkunjung ke Taman Nasional Taka Bonerate yaitu di bulan Maret – Mei dan September – November sepanjang tahun. Di waktu-waktu tersebut, kondisi perairan (laut flores) sedang baik hati. Jadi perjalanan bisa enjoy. Selebihnya adalah musim di mana ombak lagi galau. Apalagi dibulan Desember-Januari, puncuk kelucuannya ombak.

Tetapi untuk kunjungan ke Pulau Selayar, sepanjang waktu bisa dilakukan; baik untuk aktivitas diving, snorkeling, land tour atau wisata budaya lainnya. Kalau musim angin timur diving dan snorkeling bisa di Pantai Barat. Sementara musim angin barat lari ke Pantai Timur.

2. Rencanakan Perjalanan Anda Dengan Baik
Faktor cuaca dan geografis maka berkunjung ke Selayar mesti membuat rencana perjalanan dengan baik. Apakah akan berkunjung ke Taka Bonerate atau hanya di Pulau Selayar saja. Rencana ini berkaitan dengan cost, melakukan perjalanan ke Taka Bonerate, costnya akan berbeda jika rencananya hanya sampai di Selayar. Konsultasikan dengan guide lokal. Insya Allah, guide lokal Selayar tidak neko-neko. Dan pasti akan membantu menyiapkan perjalanan Anda dengan opsi-opsi pilihan. Misalnya, ke Taka Bonerate cost terbesar yaitu di boat. Karena tidak ada kapal regular yang melayani perjalanan ke Taka Bonerate, sehingga mesti carter dank arena itu, lakukanlah perjalanan dengan tim. Semakin banyak dalam satu group semakin murah. Tapi jangan juga terlalu banyak. Paling banyak 10 orang.

3. Jelajahi Pulau dan Area Pantai Selayar
Di Kabupaten Kepulauan Selayar ada 130 pulau. Dari sekian banyak pulau itu ada yang berpenghuni ada yang kosong. Pulau-pulau tersebut menawarkan pesona dan pemandangan bahari yang menawan. Yang paling dekat dari Benteng (Ibu Kota Kabupaten) yaitu Pulau Gusung. Pulau ini terletak di sisi barat Pulau Selayar, menawarkan pasir putih yang indah, hutan mangrove, dan terumbu karang yang menawan. Anda bisa mengunjungi pulau ini; snorkeling, diving atau camping.

Di sebelah utara Pulau Selayar ada Pulau Pasi’. Di Pulau Tersebut juga bisa jadi area camping yang menarik. Bagi Anda yang hobby diving di area ini menawarkan sensasi yang tidak kalah menarik dengan spot-spot diving di Indonesia. Ada soft coral, schooling ikan (jack fish), eagle ray dan shark.

Di sisi selatan Pulau Selayar, tepat di bagian barat Appatanah (Kampung Bajo) ada 3 pulau berjejer ke selatan yang terdekat namanya Pulau Bahuluang, Tambolongan dan Polassi. Di sisi barat Pulau Tambolongan pasir putihnya sangat menarik; shantik (kata Syahrini), cocok untuk camping. Di bagian selatan pulau ada spot penyelaman (Manta Point). Spot-spot di Pulau ini hanya cocok untuk pemegang lisensi Advance (** star).

Demikian juga dengan pantai-pantai di Pulau Selayar yang membentang dari utara ke Selatan. Baik di pantai sisi timur atau pun barat. Dengan karakter dan kekhasannya masing-masing. Misalnya, di bagian timur topografi pantainya cenderung membentuk wall dengan tutupan karang yang rapat dan keragaman jenis biota laut. Di bagian barat pulau (sisi utara) juga banyak menawarkan kekhasan; ada schooling barracuda.

4. Yuk Makan Seafood
Namanya Kabupaten Kepulauan, tentu tidak afdhol kalau belum nyicipi seafood. Yang paling terkenal di selayar adalah Ikan Bakar & Nasi Santan. Ada banyak tersedia di Kota Benteng dengan beragam jenis ikan yang segar.

5. Minum Kopi Tju Lang
Bagi anda yang suka dengan kopi, ada satu warung kopi yang terkenal dan sudah sejak lama ada di Benteng yaitu Kopi Tju Lang. Pak Syahrul Yasin Limpo (Gubernur Sulawesi Selatan) selalu berkunjung ke tempat ini. Warung kopi ini menyuguhkan kopi dan beragam kue tradisional.

6. Oleh-oleh
Jangan lupa kalau sudah berkunjung ke destinasi wisata di Kepulauan Selayar belilah oleh-oleh. Beberapa yang terkenal antara lain: emping melinjo, kue sengkang, dan tentang kanari.

Jika ingin menanyakan lebih detail; kontak Selayar Marine Dive.

Previous
Next Post »