Pesona Pulau Tinabo di Kawasan Takabonerate



Pulau Tinabo barangkali hanyalah satu dari belasan pulau yang ada dalam wilayah Taman Nasional Takabonerate. Boleh dikata pulau ini berada dititik episentrum kawasan konservasi itu. Di sebelah timur ada pulau Tinanja, di barat ada sejumlah pulau seperti Tinabo Kecil, Latondu atau pun Rajuni. Di utara ada pulau Tarupa. Kesemua pulau tersebut menyuguhkan keindahan khas bahari; terumbu karang, pasir putih dan pulau yang menawan.

Di kawasan inilah terdapat beragam spesies biota laut yang menjadi daya tarik Taman Nasional ini seperti Hiu, Penyu, Ikan Napoleon, Pari Manta, Kima, beragam crustacea seperti lobster, 261 jenis terumbu karang dan 295 jenis ikan karang.

Waktu menunjukkan pukul 17.00 Wita. Pulau nan indah itu sudah mulai nampak. Pasir yang membentang; putih, biru toska air laut dan tambatan perahu yang menjulur. Capek dan bising suara mesin kapal terbayar sudah. Ingin rasanya melompat, menceburkan diri ke laut yang jernih itu. Kali ini tim Selayar Marini Dive (SMD) mengantar tamu berkebangsaan Norwegia. "You can call me Kai" ujarnya saat berkomunikasi kepada SMD. Kai akan menjelajah Tinabo seminggu lamanya.

Tiba-tiba Puang Ake memerintah crew kapalnya. "Zulfikar, kau cepat kedepan" sergah Puang Ake'. Dan seketika itu si Zulfikar meluncur ke bagian depan kapal. Puang Ake' lalu meminggirkan kapal ke dermaga tambatan perahu. Dan dengan cepat Zulfikar berpegang ke tiang seraya menahan laju perahu agar tidak membentur terlalu keras ke tambatan perahu.

Dan barang-barang keperluan selama seminggu di Pulau Tinabo segera dinaikkan ke dermaga. Satu persatu diangkut ke penginapan yang jaraknya hanya sepelemparan batu dari tempat boat sandar. Berikutnya kami lalu bersantai. Duduk dipinggir pantai menunggu mentari di ufuk terbenam. Sembari berbincang hal-hal diperjalanan dan rencana yang akan dikerjakan besoknya.

Salah satu yang cukup dikagumi oleh Kai, yaitu atraksi baby shark yang setiap saat disuguhkan oleh pulau Tinabo. Kai sudah berkunjung kebanyak tempat seperti Maldives, Brazil, Philippine dan beberapa negara untuk berlibur. Meskipun begitu, ia baru menemukan baby shark yang bermain hingga ke bibir pantai, jinak di Pulau Tinabo. Yang berbeda dengan baby shark yang terdapat di Karimunjawa yang ditangkarkan.

Saat SMD masuk Tinabo, suasana nyaman kerena tidak banyak tamu. Hanya ada petugas TN Takabonerate. Tak lupa kami menjelajah pulau itu. Bermain dihamparan pasir putih yang aduhai. Memandang ke laut lepas yang seolah tidak berujung. Menunggu matahari muncul dari ufuk timur.

Rencana awal kami akan menyelam di hari ke tiga. Tetapi Kai sudah pengen sekali diving. Sehingga pada hari kedua kami diving di perairan Pulau Latondu. Yaitu salah satu spot penyelaman dalam wilayah TN Takabonerate. Di spot ini kami diving di antara dinding karang (wall) dengan keindahan terumbu karang dan biota laut yang menawan seperti penyu dan ikan tuna yang sedang bermigrasi. Spot ini ditempuh 40 menit perjalanan dari Pulau Tinabo. Tepat berada di sebelah barat Pulau Tinabo Kecil.

Hari berikutnya kami bertandang ke ibel d' orange spot yang letaknya tidak terlalu jauh dari pulau Tinabo. Kami menikmati penyelaman ini. Berjumpa dengan ikan-ikan yang banyak. Menyaksikan barisan kuping gajah yang menghampar indah. Woow...

Jika habis diving, kami lalu istirahat makan siang lalu menikmati sunset tatkala sore hari tiba. Kami juga menyempatkan diri untuk mampir, diving di Acropora point yang letaknya diutara pulau Tinabo. Di Acropora kami menikmati keindahan karang-karang lunak yang sangat bersahabat.

First